Senin, 08 Oktober 2012

Konsep dan Fungsi Bisnis




Pada kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal sehubungan dengan Tugas Pengantar Bisnis informatika yang saya dapatkan dan hal pertama yang saya akan bahas adalah tentang bisnis. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Fungsi utama bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah  atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.
Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.


Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
         Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
         Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
         Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
         Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran


Aspek – aspek dalam bisnis:

ü  Kegiatan individu dan kelompok
ü  Penciptaan nilai
ü  Penciptaan barang dan jasa
ü  Keuntungan melalui transaksi


Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
         Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
         Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
      Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers)


Macam Macam Kegiatan Dalam Bisnis
            Dalam menciptakan nilai manfaat suatu produk, ada tiga aktivitas yang harus dilakukan oleh usaha bisnis, sehingga kepentingan kedua belah pihak (prodsen dan konsumen) terpenuhi.
Ketiga aktivitas tersebut adalah :
1. Productions activities
2. Distribution activities
3. Consumption activities

Perkembangan Bisnis IT
            Perkembangan bisnis IT di dunia sangatlah besar dan pesat. Segala aspek kini slalu berpaut pada bidang IT yang berimbas pada terbuka nya lowongan kerja bagi para teknisi IT. Perkembangan bisnis IT yang dapat kita ambil contoh adalah mesin pencari atau biasa orang sebut adalah Search Engines. Search engine kita sebut seperti google saja contohnya berawal pada sebuah mesin pencari kemudian kini pundi – pundi uang nya sudah terbuka dari pintu mana saja, seperti melalui iklan dan saham – saham lainnya.
Selain itu pula bila kita melihat kesuksesan salah satu jejaring sosial yang mendunia, Facebook. Facebook yang pada awalnya hanya dibuat untuk kalangan tertentu dan hanya untuk just for fun, kini facebook telah mempekerjakan ribuan orang bahkan jutaan mungkin di seluruh dunia. Hanya dengan membuat orang satu dengan lainnya terkoneksi sehingga orang tertarik dan menggunakan facebook. Ketika orang telah banyak menggunakan jejaring sosial ini maka tawaran – tawaran iklan pun masuk dan Mark Zuckerberg si empunya Facebook pun mungkin tak pernah merasakan “kantong bolong” lagi karena dimana – mana pundi uangnya pun terus bertambah.






Sumber: (dikutip dari)

id.wikipedia.org/
www.slideshare.net/guest44b0b3/teknologi-informasi-dalam-stategi-dasar-bisnis-presentation
guruhaji50407387
irfanr.wordpress.com/2006/08/09/prospek-it-ke-depan/
angga-sukses.blogspot.com/2011/02/peluang-usaha-di-dalam-dunia-it.html

0 comments:

Posting Komentar