Jumat, 05 April 2013

Training Android phonegap - Kantor 7Langit




(Awal Sesi)

                Pada 16 Februari 2013 kemarin adalah waktu dimana Training #mobilisasi di gelar. Bertempat di Gedung 7 Langit di daerah sekitar Cempaka Putih, acara yang membahas tentang Phonegap di Android ini sangat mengasyikkan. Pada training kali ini sabtu itu di lebih khususkan pada bahasa pemprograman HTML 5.
                Saat datang kesana saya @OM_Bey11 bersama kedua teman saya, Ivan @ivanpakeve dan Pebi @pebiWijaya. Walau sempat terhalang hujan deras dan biasa jalanan Jakarta yang kalau terkena guyuran hujan sedikit langsung tergenang karena tekat kami sudah bulat maka kami tetap meneruskan perjalanan sampai tujuan. Singkat cerita, ketika datang ternyata training ini belum dimulai kami bersukur dan berkenalan dengan beberapa orang yang telah datang di ruangan.
                Kami menyiapkan laptop kami masing – masing untuk segera di gelar. Sampai beberapa jam kami menunggu ternyata acara tidak dimulai – mulai. Kami piker perjalanan kami kesini akan sia – sia karena satu setengah jam lagi waktu training yang dijadwalkan akan berahir.
(Sesi Video watching)
                Kemudian datanglah yang di nanti – nanti sang mentor Mas Oon @OonID sang empunya acara. Beliau yang seorang lulusan Institute Teknogi Bandung mengatakan bahwa habis undangan, dan tidak biasanya seperti ini maka beliau meminta maaf dan untuk mengganti rugi sebagai permintaan maaf maka mas Oon akan mentreat makan malam lalu segera memulai training yang ditunggu – tunggu. Kelas dibuka dan kami langsung ditatar beberapa materi yang ikut dibahas adalah Jquery mobile, CSS, javascript dan lain – lain yang di gadang – gadang adalah teman dari HTML 5 yang akan digunakan karena sangat berhubungan. Sebenarnya membuat aplikasi android bagi kami sebagai mahasiswa bukanlah hal yang baru, karena kami telah membuat beberapa aplikasi android salah satunya adalah untuk lulus dalam Penulisan Ilmiah untuk mendapatkan kesetaraan dengan gelar D3.
                Kelas di mulai dengan intro HTML berikut tag tag nya. Bagaimana cara menggunakan html, memahami Cascade sheet style dan beberapa penggunaan jquery. Tidak lama kami pun langsung di suruh mengikuti tutorial yang teman – teman bisa lihat di website oo.or.id cari saja materi yang menggunakan hastag mobilisasi. Kami langsung membuat aplikasi pertama dan kedua tentang pengambilan koordinat longitude, distance, kemudian menampilkan maps street dll. tidak lebih dari 10 menit terpotong karena waktu sudah menunjukan waktu magrib. Kami istirahat sejenak dan waktunya untuk menghadap sang khalik.
                Karena training ini sampai malam keluar dari jadwal aslinya yang jam 6 harusnya telah usai, mas Oon pun menepati janjinya untuk mentreat kami. Para peserta yang masi tersisa pun dibelikannya Sate padang, beberapa peserta izin pulang karena ada acara lainnya. Perut kenyang dan kami mencoba beberapa tutorial selanjutnya dari website oo.or.id. Begitulah review singkat dari training ini, sangat bermanfaat pulang selamat membawa berkat perut kenyang terisi penuh dan ilmu pun didapat. Apa lagi semua ini Free. :D

(Santapan Sate padang)
Tentunya teman teman yang mahasiswa seperti kami tidak akan melewatkan kesempatan ini. Silahkan bagi yang ingin ikut training yang free ini dan sangat bermanfaat dapat pantau terus website oo.or.id atau bisa tanyakan langsung lewat twitter mas oon yaitu @OonID.
Salam Cyber….
                

1 komentar: