Jumat, 22 April 2011

Search Engine Optimization


                Dalam update-an blog saya ini saya akan mengkat tentang SEO atau Search Engine Optimization. Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanismekerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
                Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sejarah
                Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
                Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
                Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangunBackrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
                Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
                Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

                Jika kamu memiliki sebuah situs web dan anda inginkan dilihat oleh banyak orang dan ingin memiliki traffic blog tinggi  , maka ada baiknya kita mengsubmit ke direktori maupun melakukan teknik SEO.  Jika Kamu tidak tahu bagaimana untuk memulainya  berikut beberapa tips untuk menunjang traffic blog kita dengan teknik SEO yang sederhana

1.       Penting banget kalo kamu  menguasai apa yang akan jadi “Niche” kamu, karen jika  kamu gak nguasain niche blog kamu, biasanya untuk kembalinya pengunjung(repeat visitor) konverinya rendah.  dengan menguasai niche yang ada di dalam blog kamu, maka kamu bisa dengan mudah mengembangkan apa yang menjadi Niche kamu dan bisa meningkatkan traffic kamu
2.       Selain dari konten yang yang banyak dan kaya , kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki  konten yang unik. Jangan pernah menyalin dari situs yang terkait dengan topik Anda (kalo kepepet sih gak papa hihihihi). Anda tidak ingin menjadi yang dituduh Plagiat . Karena dengan kontoen yang frsh dan unik, maka kemungkinan pengunjung akan mengulangi kunjungan nya

3. kamu juga harus sering mengupdate  website Kamu. Ini  sebenarnya mempunyai tujuan, baik dari sisi pengunjung maupun dari sisi Search Engine . Orang akan sering memeriksa situs untuk melihat apa yang baru dan apa yang telah ditambahkan pada konten Kamu apalagi jika tulisan kamu bener bener menarik . Anda juga akan meningkatkan traffic blogdengan melakukan hal ini . Jika Anda memiliki peringkat yang baik, orang akan melihat Anda sebagai sumber yang kredibel danterpercaya  mereka akan menemukan lebih banyak alasan untuk mempercayai apa yang anda katakan.  Logikanya seperti ini saja,
3.       jika anda mengetikan keyword “meningkatkan traffic blog” dan ternyata isi nya bener bener udah isi basi ( gak di update) bisa jadi pengunjung jadi gak percaya sama tulisan kamu.
4.       Kamu harus mengetahui dan memilih keyword yang tepat digunakan orang untuk bisa sampai ke situs seperti Anda. Ada software gratis dan ada juga situs yang dapat Anda gunakan untuk mencari lebih lanjut tentang hal ini.  biasanya sih ini di sebut dengan Test dan ukur bahasa keren nya sih test and MEasure (eh bener gak tuh? heheheh) biasanya yang gratis dan mantab adalah keyword tools dari google, sedangkan untuk yang berbayar saya seneng nya si sama Market samurai.  tapi harganya itu loh booo. mahal gak ketulungan.  biasanya saya juga pake KEyword elite  banyak kelebihan dari alat yang berbayar di banding alat yang gratisan.  walaupun saya dapet tools nya juga warez
5.       Ledakan traffic anda dengan menggunakan mikro niche.  Apaan tuh mikro niche ??? Micro nihce adalah keyword / niche yang pesaingnya dikit ( dibawah 1 juta) tapi pencarinya banyak (biasanya di atas 1000)
6.       Pastikan bahwa situs web anda dapat diakses dengan menggunakan HTML yang tepat.
7.       Gunakan judul yang tepat, dan mengandung keyword pilihan
8.       Jika Anda membeli sebuah domain, Anda harus memastikan bahwa kata kunci yang disertakan di dalamnya.  Kecuali untuk urusan branding
9.       Kayak saya Ajah Milih domain dengan nama SEO mabok. semoga saja nama ini bisa bersaing dengan zalukhu atau pun cosa aranda heheheh
10.   Kalo punya duit sih di sarankan beriklan.  kan sekarang banyak tuh yang menyediakan banner untuk di jual di blog2 yang traffic nya lumayan tinggi, biasanya si rangenya 25 ribu sampai 100 ribu satu bulannya. apalagi jika banner yang di pasang benar benar “mengundang” mata. contoh nya dengan menggunakan gambar gadis sexy. kemungkinan banner anda di klik pun semakin tinggi
11.   Cobalah untuk mendapatkan link dari authority yang memiliki Page RAnk tinggi


Sumber: wikipedia.org
http://seomabok.com/80




0 comments:

Posting Komentar